6 Kasus Misterius yang Serupa dengan Hilangnya MH370


Sebelumnya, banyak sekali kecelakaan pesawat yang terjadi di dunia ini. Mulai dari pesawat kecil sampai pesawat jumbo sekalipun, dari pesawat pribadi sampai pesawat untuk mengangkut penumpang.
Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya sebuah kecelakaan pesawat, diantaranya kesalahan teknis, kesalahan pilot, dan cuaca yang seringkali mengganggu penerbangan.

Penerbangan MH370 menjadi perbincangan hangat di awal 2014 ini. Entah apa yang menyebabkan penerbangan ini hilang secara misterius. Ada yang beranggapan bahwa pesawat ini telah dibajak oleh teroris, namun ada juga yang beranggapan bawha pesawat ini telah jatuh. Jika pesawat ini jatuh, pastilah akan ada sinyal mengenai letak pesawat tersebut jatuh.
Ada 6 kasus serupa seperti yang dialami oleh penerbangan MH370, berikut ke-6 kasus tersebut:

Air France 447

Pesawat Airbus A330 yang mengangkut 228 ini jatuh di Samudra Atlantik saat terbang dari Rio, Brazil menuju ke Paris, Perancis pada tanggal 1 Juni 2009. Beberapa serpihan pesawat ditemukan beberapa hari kemudian, namun badan pesawat baru ditemukan pada April 2011 di kedalaman 4000 Meter (4 KM). Penyebab kecelakaan tersebut adalah masalah teknis dan pilot error.

Adam Air 574

Pesawat berjenis Boeing 737 milik Adam Air terbang dari Surabaya menuju Manado pada 1 Januari 2007. Sejumlah serpihan pesawat ditemukan beberapa hari kemudian setelah kejadian. Blackbox baru diangkat 9 bulan setelah kejadian, namun badan pesawat dan 102 jenazah penumpang tetap berada di dasar laut.

Merpati Twin Otter

Pesawat yang mengangkut 15 penumpang milik Merpati Nusantara Airlines jenis Twin Otter hilang pada tahun 1995 di perairan Indonesia bagian timur. Hingga kini bangkai pesawat belum ditemukan.

Trans World Airlines 800

Pesawat Boeing 747 milik Trans World Airlines jatuh ke Samudera Atlantik sesaat setelah lepas landas saat hendak terbang dari New York ke Paris pada 17 Juli 1996. Seluruh penumpang yang berjumlah 230 tewas. Beragam anggapan mengenai penyebab terjadinya kecelakaan dilontarkan, mulai dari terjangan rudal hingga meledaknya tangki bahan bakar.

Amelia Earhart

Pionir penerbangan AS Amelia Earhart dan navigatornya Fred Noonan hilang diatas Samudera Pasifik pada tahun 1937, saat terbang mengelilingi dunia melintasi Equator. Komunikasi terakhir menyebutkan bahwa pesawat tersebut kehabisan bahan bakar. Hingga kini bangkai pesawat maupun awaknya belum ditemukan.

Flying Tiger Line

Sebuah pesawat Superconstellation milik maskapai AS Flying Tiger Line hilang pada tahun 1962. Pesawat tersebut mengangkut 107 pasukan militer dari Filipina menuju ke Vietnam. Puluhan kapal dikerahkan dalam misi pencarian intensif di Samudera Pasifik. Hingga kini bangkai pesawat belum juga ditemukan.

Post a Comment

Artikel diatas ditulis oleh Ibnu Sulaiman. Jika anda mempunyai kritikan atau saran, silahkan tuangkan kedalam kotak komentar yang terdapat dibawah ini. Sesungguhnya penulis akan senang bila mendapat komentar.