Cara Menghilangkan Rasa Malas Belajar


Sebagai seorang pelajar, kita memang dituntut untuk rajin belajar dan terus belajar agar kita dapat meraih prestasi dan membanggakan orang tua. Namun apa jadinya bila sifat malas yang ada dalam diri kita terlalu besar? Pastilah kita jarang belajar dan akhirnya nilai kita menurun.

Kali ini saya akan membagikan tips bagaimana cara agar sifat malas yang ada dalam diri kita bisa berkurang atau bila kamu serius dalam mengaplikasikan tps dari saya, bisa saja rasa malas itu hilang total.

  1. Jauhkan segala hal yang mengganggu proses belajar.
    Segala apapun yang menggangu proses belajar, pastilah akan menyebabkan kita malas. Contohnya saja gadget. Ketika kita akan belajar dimalam hari, tiba-tiba kamu melihat gadget kesayanganmu terletak diatas meja. Sangat menggoda bukan? akhirnya yang tadinya akan belajar, kita terpancing dan memainkan FlappyBird :D, facebook, twitter, dan lain sebagainya. Mas Ibnu, terus gimana dong? Itu gadget kan udah terlanjur dibeli, kan sayang kalo gak dimainkan :(. Memang boleh saja kita membeli gadget, tapi batasi waktu bermain kita. Misalnya seminggu sekali, sebulan sekali, 1 semester sekali, atau jika kamu kuat boleh setelas kamu lulus baru boleh kamu mainkan.
  2. Jangan belajar diatas jam 9 malam.
    Kenapa saya bilang jangan belajar diatas jam 9 malam? Karena itu sesungguhnya waktunya kita tidur. Jika kita belajar diatas jam 9 malam pastilah kita merasa ngantuk dan rasa kantuk itulah yang menyebabkan kita jadi malas belajar.
  3. Sesuaikan gaya belajar kamu.
    Gaya belajar bisa saja meningkatkan semangat kita untuk belajar. Jika menurut kamu mendengarkan musik bisa membuat kita santai, hidupkanlah musik ketika sedang belajar. Dengan begitu pikiran kamu jadi santai dan dapat menangkap apa yang kamu baca. Kalo saya belajar sih harus dalam keadaan hening. Jika ada keributan maka konsentrasi saya akan pecah -_-.
Mungkin itu saja dulu tips dari saya, biarpun cuma 3 point karena kurang referensi, semoga tips tersebut dapat bermanfaat bagi kita semua :).


2 Comments

Sering-sering nulis ya mas ibnu.
tulisannya bagus.
izin untuk mading ya :)

Reply

Iya kak, terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk berkomentar :)

Reply

Post a Comment

Artikel diatas ditulis oleh Ibnu Sulaiman. Jika anda mempunyai kritikan atau saran, silahkan tuangkan kedalam kotak komentar yang terdapat dibawah ini. Sesungguhnya penulis akan senang bila mendapat komentar.